LG Optimus Vu: Sang Penantang Baru Samsung Galaxy Note 2

LG resmi meluncurkan smartphone Android terbaru di Indonesia yaitu LG Optimus Vu. Device asal Korea Selatan ini juga sebelumnya telah menjajal pasar tanah air dengan produknya, LG Optimus L9. Smartphone yang memiliki nama lengkap LG Optimus Vu F100S ditenggarai sebagai penantang baru dari smartphone rekan senegaranya, Samsung Galaxy Note 2.

Tak bisa dipungkiri, Note 2 sebagai smartphone ranah 5 layar inci telah menuai kesuksesan dan berkaca dari kesuksesan itu, LG menghadirkan Optimus Vu. Tak hanya dari segi spesifikasi yang tak juah beda, harga LG Optimus Vu juga dibawah harga Galaxy Note 2.

LG Optimus Vu
LG Optimus Vu
LG Optimus Vu boleh dikatakan pertengahan antara smartphone dan sebuah tablet karena layarnya yang besar yakni berukuran 5 inci dengan panel IPS serta resolusi 768 x 1024 piksel dengan kerapatan piksel hingga 256 ppi. 0,5 inci lebih kecil dari layar Galaxy Note 2.

Dibagian dapur pacu, LG Optimus Vu ditanamkan prosesor empat inti (quad-core) berkekuatan 1,5 GHz sedangkan untuk grafis menggunakan GPU Nvidia AP version OpenGL ES 2.0 dan RAM sebesar 1 GB. Dikombinasikan dengan OS Android 4.0.4 (Ice Cream Sandwich) sehingga dipercaya sangup mampu bekerja maksimal. Sedangkan Note 2 menggunakan proseosor quad-core berkekuatan 1.6 GHz.

Pada LG Optimus Vu dipasangkan dua buah kamera, kamera utama berkemampuan 8 MP dan kemara kedua beresolusi 1,3 MP. Pada kemera utama ditanamkan fitur pendukung seperti autofocus, LED flash; Geo-tagging, face detection, dan image stabilization. Kemampuan merekam video hingga kualitas 1080p@30fps dengan fitur LED video light.

Kelebihan lainnya yang tertanam di LG Optimus Vu adalah Quick Note. Fitur ini hampir sama dengan Quick Memo di Note 2. Pada fitur ini, didukung oleh quick clip alias tombol cepat untuk masuk ke fiur Quick Memo. Anda dapat langsung menuliskan beragam pesan, gambar, atau sekedar mencoret-coret di halama yang sedang Anda buka.

Memori internal berkapasitas 32 GB tanpa dukungan slot memori eksternal. LG Optimus Vu sangup berselancar dijaringan HSDPA, sebagai alternatif lainnya disediakan Wi-Fi. Alat konektivitas lainnya disediakan Bluetooth v4.0 dengan A2DP, NFC, microUSB (MHL) v2.0 dan fitur A-GPS juga sudah mendukung Java MIDP. Untuk mendukung kinerjanya, LG mempercayakannya pada baterai Li-Ion berkapasitas 2100 mAh.

Untuk harga, LG menawarkan Optimus Vu di Indonnesia seharga Rp 5,5 juta. Tentunya lebih murah bila dibandingkan dengan harga Samsung Galaxy Note 2 yang dibandrol sekitar Rp 7,4 jutaan.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »