Seberapa Hebat Teknologi Ultrapixels di Kamera HTC One

TeknoKeren.com - Bagai mana jika sebuah smartphone premium hanya dibekali kamera 4 MP? Tapi itulah tertanam pada HTC One yang beberapa hari lalu sudah diperkenalkan. Mungkin Anda berpikir, smartphone harga Rp 1 jutaan rata-sata sudah dibekali kamera 5 MP tapi kenapa HTC One hanya dipersenjatai kamera 4,3 MP apalagi smartphone ini sudah termasuk high class. Seberapa hebatkah kamera HTC One?

Sering orang berpikir, kamera 8 MP lebih bagus kualitas fotonya dari pada yang kamera resolusi 5 MP. Tapi tak selamanya pernyataan ini benar. Inilah terjadi pada HTC One yang hanya dibekali kamera 4,3 MP. Tapi ada yang berbeda pada kameranya, yaitu telah menggunakan teknlogi canggih yang disebut "Ultrapixels".

Pada teknologi Ultrapixel, pendekatan HTC terkait kemampuan kamera bukan dari tingginya resolusi jumlah skala Mega Pixel melainkan ukuran piksel. HTC memberikan sensor baru yang bisa meningkatkan persentase kualitas jumlah piksel untuk menangkap cahaya 300% lebih banyak (2 mikro meter, kamera biasa 1,3 mikro meter).


Dengan kata lain, teknologi Ultrapixel di kamera HTC One mampu memperbesar penangkapan jumlah piksel agar bisa merekam lebih banyak cahaya dan data. Gambar-gambar akan menampilkan nuansa lebih terang (dalam keadaan cahaya objek sangat minim) dan warna lebih tajam.

HTC menunturkan pada saat peluncuran HTC One, sektor kameranya yang beresolusi 4,3 MP (4,3 UP, Ultrapixel) boleh dikatakan memiliki kemampuan setara 8MP-13MP kamera ponsel pada umumnya. Walaupun resolusi kamera hasil pengambilan kamera HTC One hanya sebesar 2688 x 1520 piksel (rasio 16:9). Tetapi, pada HTC One ditambahin kelebihan dan keunggulan ala Ultrapixel tadi.

Dari segi lensa, HTC One diperlengkai lensa autofokus dengan focal length 28mm (ekuivalen 35mm) dengan bukaan f/2.0. Bukaan lensa ini lebih besar dibandingkan f/2.4 yang digunakan pada  iPhone 5 dan Nokia Lumia 920.

Kamera HTC One juga dipersenjatai optical image stabilization, yang sangat berguna meredam guncangan saat pengambilan gambar atau video. Kamera ponsel Android ini bisa mengabadikan video dalam format resolusi HD 1080p (@60fps).

Sementara disisi depan HTC One dibekali kemara berkekutan 2,1MP dengan kemapauan lensa sudut lebar. Kamera depan ini dapat juga merekam video dalam kaulitas resolusi 1080p.

Via: Tabloidpulsa

Artikel Terkait

Previous
Next Post »