BlackBerry Q10, Smartphone Berbasis BB 10 dengan Keypad QWERTY


BlackBerry Q10 telah resmi diperkenalkan pada akhir bulan Januari 2013 lalu di New York, AS bersamaan dengan peluncuran BlackBerry Z10. Keduanya smartphone ini mengusung tema sebagai BlackBerry 10. Dalam sela-sela acara tersebut, vendor asal AS ini juga mengumumkan perubahan nama dari RIM menjadi BlackBerry.

Sungguh besar harapan BlackBerry kepada produk terbarunya, Z10 dan Q10, apalagi ekspansi produk-produk yang menggunakan sistem operasi Android makin sulit dibendung. Pada kesempatan ini TeknoKeren.com akan membahas salah satu dari smartphone terbaru itu, yakni BlackBerry Q10.

BlackBerry Q10 hadir dengan bentuk klasik smartphone BB yakni menggunakan keypad QWERTY serta dikombinasikan dengan layar sentuh. Layarnya jenis Super AMOLED dengan capacitive touchscreen yang berukuran 3,1 inci resolusi 720 x 720 piksel dan kerapatan piksel setiap inci tergolong tinggi, yakni 328 ppi. BlackBerry Q10 saat ini dinobatkan sebagai smartphone BB paling lebar layarnya yang menggunakan keypad QWERTY.

BlackBerry Q10, Smartphone Berbasis BlackBerry 10 dengan Keypad QWERTY
BlackBerry Q10
Sebagai smartphone premium, dapur pacu BlackBerry Q10 masih dibilang standar. Jika menilik prosesor para rivalnya seperti, Samsung galaxy S3, Sony Xperia Z, iPhone 5 sudah diperkuat prosesor quad-core, sedangkan BlackBerry Q10 masih dipersenjatai dengan prosesor dual-core 1,5 GHz walaupun begitu performanya bisa diandalkan apalagi RAM-nya sebesar 2GB.

Ponsel pintar ini telah disematkan sistem operasi terbaru yang diberi nama BlackBerry 10 dengan sejumlah perbaikan dan kelebihan dibandingkan dengan OS sebelumnya. Begitu juga dengan media dokumantasi, BlackBerry Q10 disematkan kamera 8 MP plus dukungan lampu flash dan fitur autofokus juga tersedia kamera sekunder untuk video call.

Kehebatan BlackBerry Q10 terasa sempurna apalagi dibekali dengan memori internal yang besar berkapasitas 16 GB belum lagi slot untuk memori microSD ekspasi hingga 64 GB. Masalah koneksi internat, BlackBerry Q10 bisa melaju kencang pada jalur HSDPA, Wifi juga disediakan. Untuk kebutuhan transfer file data, smartphone ini perlengkapi Bluetooth, port microUSB, NFC, dan juga fitur GPS.

BlackBerry Q10 dikabarkan akan hadir dalam dua pilihan warna, yakni hitam dan putih sedangkan kebutuhan tenaga, ponsel pintar ini mempercayakan kepada baterai berkapsitas 1800 mAh yang sanggup talk time hingga 10 jam.

Beberapa sumber menyebutkan smrtphone yang berbasis BB 10 ini akan mulai pasarkan secara global pada pulan Maret tahun ini, sedangkan harga BlackBerry Q10 hingga saat ini belum diketahui. Jadi kita tunggu saja kehadirannya di tanah air.

Baca juga: Iconia PC Tablet dengan Windows 8

Artikel Terkait

Previous
Next Post »