Tips-Tips Agar Terhindar Dari Penipuan Online Shop di Facebook

Penipuan berkedok online shop yang menggunakan jaringan sosial makin marak, dan Facebook menjadi salah satu jaringan sosial terbesar yang digunakan oleh para penipu dalam memangsa korban-korbannya. Agar tidak tertipu dengan online shop yang sedang marak keberadaannya di Facebook, anda harus mengetahui benar latar belakang online shop tersebut dengan cara mengeceknya melalui telepon, menanyakan alamatnya, serta melihat testimoni atau apakah benar toko tersebut adalah rekomended seller.

Kami memiliki beberapa tips-tips untuk anda yang sering belanja online menggunakan Facebook agar tidak menjadi korban penipuan selanjutnya. Berikut adalah tipsnya :

-Jangan tergoda dengan harga murah yang ditawarkan penjual, patut anda curigai jika harga barang yang ingin anda beli berbeda sangat jauh dari harga normal alias dibanderol dengan harga miring

-Lihatlah foto-foto pada Facebook tersebut, apakah fotonya terlihat foto sesungguhnya barang yang ingin anda beli atau foto hasil download dari Google

-Lihat alamatnya, jangan membeli barang jika alamat mereka jauh dari kita karena susah untuk melacaknya jika terjadi apa-apa. Misal anda tinggal di Jakarta, belilah barang pada online shop yang juga beralamat di Jakarta.

-Belilah pada online shop yang direkomendasikan oleh teman anda atau rekan anda yang sudah pernah membelinya. Hal ini membuat transaksi lebih aman karena sudah ada yang pernah membelinya terlebih dahulu sebelum anda.

-Mintalah bukti/resi pengiriman berupa foto atau nomor resi dan segera cek nomornya ketika anda sudah mendapatkannya

-Mintalah nomor telepon, kalau bisa nomor rumah/kantor karena lebih fix dibandingkan dengan nomor handphone yang bisa diganti dengan mudah

-Lihatlah testimoni atau komentar orang yang sudah pernah membelinya, jika banyak, online shop tersebut dapat dipercaya. Jika tidak ada yang memberikan testimoni/komentar maka patut diwaspadai.

Mudah-mudahan tips-tips tersebut dapat membantu Anda yang ingin membeli barang pada online shop di Facebook. Kalau ada tips tambahan dapat ditulis pada kolom komentar dibawah.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 comment:

Write comment
TONGKONANKU
AUTHOR
18 Juli 2011 pukul 11.58 delete

Yg sering ngetag orang2 di FB dgn harga sangat murah, saya yakin itu penipu.

Reply
avatar