LG Hadirkan Monitor IPS Berteknologi 3D, Warna Lebih Cemerlang

PT. LG Electronics Indonesia menghadirkan deretan monitor Super LED IPS. Dengan menanamkan teknologi In-Plane Switching (IPS) pada panelnya mampu meningkatkan warna cemerlang dan akurat sesuai dengan warna aslinya.

Tak hanya itu saja dengan monitor LG berteknologi IPS ini mampu menawarkan sudut pandang yang luas mencapai 178° ketika bermain game. Pengguna dapat leluasa bermain game saat duduk, maupun berbaring, dalam segala posisi tanpa mengurangi kualitas warna.

Usah diragukan lagi soal kenyamanan visual yang ditawarkan oleh monitor LG Super LED IPS ini. Persatuan Dokter Mata Indonesia (PERDAMI) telah melakukan uji pengaruh monitor berlayar IPS terhadap kesehatan mata. Riset ini membuktikan bahwa monitor berlayar IPS ini adalah monitor ternyaman untuk kesehatan mata. Sehingga pengguna tak perlu takut lagi merasakan kepala pusing atau mata lelah saat berlama-lama bekerja menggunakan LG Super LED IPS monitor.

LG TM2792D dan LG D2343P: 3D Unggul dari Segala Sudut

LG mengadirkan dua Seri monitor berpanel IPS dengan teknologi 3D (tiga dimensi) yaitu LG TM2792D dan LG D2343P. Keduanya pun masih mengusung teknologi Film Patterned Retarder (FPR) di dalamnya. Hadirnya kembali teknologi untuk menyempurnakan teknologi terdahulu yang digunakan vendor elektronik lainnya. Sistem kerja shutter glasses yang digunakan monitor 3D lainnya mengandalkan kacamata liquid crystal berdaya baterai untuk menangkap sinyal layar monitor ke mata kiri dan kanan secara bergantian. Sistem kerja inilah yang membuat mata lelah dan kepala pusing.

Berbekal teknologi IPS pada layarnya, membuat kedua monitor 3D ini dapat menampilkan kualitas konten 3D yang unggul dari berbagai sudut. Tak perlu takut kekurangan konten 3D saat menikmati kedua monitor ini. Menyadari benar terbatasnya konten 3D saat ini, LG pun telah membekali keduanya sebuah fitur canggih yang dapat mengubah konten 2D menjadi 3D, yaitu 2D to 3D Conversion.

Kedalaman 3D pun dapat diatur sesuai kebutuhan. Apalagi, pada TM2792D pengguna dapat mengatur kedalaman 3D hingga 20 level kedalaman. Hal ini pula yang membuat monitor pintar 3D ini lebih unggul dari monitor 3D lainnya yang hanya memiliki 10 level kedalaman.

Keseruan terus bertambah dalam LG TM2792D, vendor elektronik yang telah memimpin pasar monitor LED selama tiga tahun berturut-turut ini telah mencangkokkan segala kepintaran ke dalam monitor ini. Salah satunya dengan menyematkan teknologi MHL (Mobile High Definition Link) di dalamnya.

Dengannya, pengguna dapat memindahkan konten HD dalam ponsel pintarnya yang juga mendukung MHL ke layar monitor dengan kabel micro HDMI. Alhasil, bermain game android berkualitas HD seperti Riptide GP menjadi semakin nyaman dan seru dimainkan di layar yang lebih besar dengan tampilan gambar yang akurat.

Konten HD pun dapat dinikmati dengan sensasi baru yang dihadirkan pada monitor LG TM2792D. Dengan inovasi yang LG letakkan pada tubuh monitor ini, LG TM2792D hadir dengan desain bingkai layar monitor tertipis di dunia sebesar 1mm (dalam keadaan tidak menyala). Akibatnya, pengguna bakal rasakan sensasi baru menonton film dengan monitor layaknya menonton di bioskop. Tak heran, LG pun menamakan inovasi desainnya ini dengan sebutan Cinema Screen.

Mengimbuhi kesenangan para penggila game, monitor 3D pintar racikan LG ini juga telah membenamkan fitur canggih Dual Play Screen. Jika biasanya pengguna membagi layar dengan lawan saat bermain adu balap yang melibatkan dua pemain, satu-satunya di dunia saat ini, LG memberikan layar penuh bagi tiap pemain saat beradu ketangkasan. Sehingga, bermain game balap Need For Speed akan menjadi semakin menyenangkan.

Untuk urusan berbagi berkas dengan perangkat lain, monitor pintar 3D ini telah dibenamkan fitur SmartShare yang memudahkan pengguna untuk dapat bertukar konten dengan perangkat lainnya melalui media penyimpanan luar, flashsdisc juga ponsel pintar. Usah takut menemukan semerawutnya kabel saat ingin mengakses internet. Dengan  memanfaatkan fitur Wi-Fi direct yang dimiliki LG TM2792D, berselancar internet dan berbagi konten pun menjadi semakin mudah secara nirkabel.

Menabalkan kepintarannya, monitor ini pun telah ditanamkan TV Tuner di dalamnya. Alhasil, pengguna juga dapat menikmati tayangan televisi melalui monitor LG TM92D. Lahir dengan segudang kecanggihan di dalamnya, tak lantas membuat LG TM2792D sukar untuk dinikmati. Dinamai Magic Remote Control, sebuah batang kendali ajaib yang membuat monitor ini sangat mudah digunakan. Tinggal menghubungkannya dengan monitor melalui bluetooth, pengguna hanya perlu melakukan pointing pada konten yang ingin dinikmati pada layar monitor.

Kecanggihan tongkat sihir kendali LG tak hanya sampai di situ. Dengan remote ini, pengguna juga dapat sangat mudah memilih menu yang diinginkan dengan menggulir roda yang berada di tengah tubuh rampingnya. Ditemani menu gesture, pengguna juga dapat mengoperasikan monitor 3D ini hanya dengan sapuan tangan. Pengguna hanya perlu merekam terlebih dahulu suatu gerakan sederhana dengan remote untuk memberi perintah menuju menu pilihan. Contohnya, mengayun remote seperti menulis huruf “V” untuk menuju menu Video.

Semua kepintaran LG TM2792D dan LG D2343P ini tak lantas membuatnya lupa dengan estetikanya. Keanggunan LG TM2792D dapat terlihat dari dudukannya yang elegan berbalur warna metalik silver yang menawan. Seluruh kesenangan monitor 3D pintar berdimensi layar 27 inci ini, dapat dirasakan dengan merogoh kocek Rp 7,500,000. Sedangkan untuk LG D2343P, monitor  berlayar 23 inci ini tampil gagah dengan baluran warna hitam memukau siap dimiliki hanya dengan mengeluarkan Rp 3,400,000. Dua unit kacamata 3D pun dapat dikantongi secara cuma-cuma pada tiap pembelian.

Hadir dengan harga terjangkau, khusus monitor Super LED IPS seri D2343P, LG telah membenamkan teknologi Super Energy Saving. Akibatnya, monitor 3D LG ini pun memberikan kehematan dalam penggunaan energi listrik hingga 25% berbanding monitor LED di pasar saat ini. Rendahnya konsumsi listrik tak berarti menurunkan kualitas perwarnaan dari monitor ini seperti dilema yang dihadapi kebanyakan pengguna monitor hemat energi. Dilema penurunan kualitas warna ini biasa terjadi karena pemangkasan daya listrik dilakukan dengan meredupkan pencahayaan lampu LED pada monitor.

Dilema ini takkan lagi ditemui pada LG Super LED IPS Monitor seri D2343P. Hal ini karena setelah monitor memangkas daya listrik dengan meredupkan cahaya LED pendukung, fitur LG Super Energy Saving akan bekerja mendapatkan data pewarnaan dari objek yang akan ditayangkan pada layar. Kerja unik monitor akan memanfaatkan data pewarnaan untuk menciptakan kecerahan layar yang sama mengikuti kualitas pewarnaan objek asli.

Usai proses ini berlangsung, tinggallah kerja kepingan chip hasil inovasi LG, F-engine, menyempurnakan tayangan gambar dengan menjaga pewarnaan sesuai objek asli melalui fungsi Real Color Management. F-engine juga bertugas meningkatkan pewarnaan untuk beradaptasi dengan tingkat kecerahan yang nyaman bagi mata lewat teknologi Adaptive Color Enhancer.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »